Analisis Prilaku Konsumen, Produsen dan Pasar dalam Islam pada Masyarkat

  • Sindi Qoriatul Maftukhah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Prilaku Konsumen, Produsen, Pasar

Abstract

Prilaku konsumen dipengaruhi oleh tingkat kebutukan dan pendapatan. Meskipun harga suatu barang yang ditawarkan rendah seseorang tidak akan membelinya jika tidak butuh. Sebaliknya semahal apapun jika memang sangat membutuhkan akan tetap dibeli. Tingkat pendapatan mempengaruhi kebituhan seseorang, tapi lebih menunjuk pada keinginan. Satu hal lagi konsumen memilih kualitas barang juga sesuai kemampuan, meski sebenarnya juga menginginkan kualitas yang baik, tapi hal itu akan terhalang dengan tingkat pendapatan yang rendah.  Sednagkan Produsen tidak memulu memproduksi barang secara optimal, tapi ada juga yang memproduksi barang hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau agar usahanya tetap berjalan. Pasar dalam islam adalah pasar yang memiliki sistem terbuka, jujur, tansparan, tidak ada penimbunan, tidak ada penguasaan harga oleh satu pihak, pelaku kegiatan jual beli juga sama-sama rela. Struktur pasar yang sesuai dengan struktur pasar dalam isla adalah pasar persaingan sempurna seperti pasar radisional dan pasar swalayan. Sedangkan pasar persaingan tidak sempurna tikdak termasuk dalam pasar islam karena ada unsur penguasaan dan ada keterpaksaan pada salah satu pihak.

Published
2020-10-28
How to Cite
Maftukhah, S. (2020, October 28). Analisis Prilaku Konsumen, Produsen dan Pasar dalam Islam pada Masyarkat. Tanwirul Uqul- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 179-190. Retrieved from http://ejurnal.stebiabangkalan.ac.id/index.php/tanwiruluqul/article/view/21
Section
Articles