Konseptual Ekonomi dalam Sudut Pandang Cedekiawan Muslim

  • Moch. Shohib Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
Keywords: Biografi Cendekiawan Muslim, Konseptual Ekonomi Islam

Abstract

Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin pasti di dalam ajarannya mengemas tentang prinsip kehidupan manusia dalam hal ekonomi. Dalam perekonomian Islam dijelaskan tentang arah kehidupan perekonomian. Islam juga memiliki tokoh cendekiawan yang membahas konseptual ekonomi. Tujuan dari penelitian ini agar kita menngetahui beberapa bigrafi beserta sudut pandangnya tentang konseptual ekonomi.

Peneliti menggunakan metode kajian pustaka dengan sumber primer buku “Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam” karya Boedi Abdullah dan didukung dengan sumber skunder yang signifikan dengan pembahasan yang ada.

Secara garis besar penelitian ini membeberkan beberapa biografi dan sudut pandang cendekian muslim yang sudut pandany berbeda namun tetap satu tujuan yaitu agar umat Islam mampu dan mudah dalam menjalankan aktivitas perekonomian yang sesuai dengan norma-norma Agama yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-sunnah. Tokoh yang dibahas dalam penelitian ini adalah: Abu Hanifah yang membahas tenatang konsep murabahah dan muzara’ah. Al Ghazali yang membahas tentang permasalahan yang berupa manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan juga tentang fungsi sosial dalam keperluan individu dan sosial. Selanjutnya adalah Syah Waliyullah yang menjelaskan rasionalitas dari aturan syariat bagi perilaku manusia dan pembangunan masyarakat.

Published
2020-10-26
How to Cite
Shohib, M. (2020, October 26). Konseptual Ekonomi dalam Sudut Pandang Cedekiawan Muslim. Tanwirul Uqul- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 115-126. Retrieved from http://ejurnal.stebiabangkalan.ac.id/index.php/tanwiruluqul/article/view/16
Section
Articles